Sunday 28 June 2015

ADIK-ADIK, PENDIDIKAN DAN SUNGAI


Hai semua.. pendidikan adalah salah satu sarana agar menjadi cerdas dalam menata masa depan. Pendidikan lebih tepatnya pendidikan formal sangat di butuhkan oleh segala kalangan di manapun berada. Bukan hanya pendidikan formal saja yang harus kita punya namun pendidikan non formal pun harus seimbang. Af, ingin menbagi pengalaman pada saat mengajar di pinggir kali Code. Mungkin pada tau tentang kali code, kali code adalah kali yang berada di wilayah kota Yogyakarta. Af, disana di ajak sebagai tim relawan pengajar Pinggir Sungai oleh teman-teman Af. Beginilah ceritanya.

Masuk, ajaran kampus-kampus menyiapakan diri menyambut penerus bangsa, para kaum pembangkit yang akan di asah dalam kampus putih. Aku di situ adalah salah satu maba yang siap untuk menjadi pembangkit macan yang sedang tidur. Kawan-kawn yang ada tak terbendung adanya, dari Bengkulu, Kudus, Surabaya, Lampung, Palembang dan bnayak lagi anak Nusantara di sana. 
Perkenalan awal dengan para angkatan atas. Awal kita di gempur agar menjadi orang yang kritis dan selalu peka, kata mereka. Selanjutnya sampailah perkenalan dengan mereka para sesepuh pengikat tali kasih (kata orang sih...). Para kakak yang mengajak adik-adik mereka menjadi orang yang penyaynag dan peduli akan sesama. Memjadi orang yang peka akan keadaan buakan orang yang bilang peka namun hanya berkoar-koar dalam keramaian tapi tak bisa mengembalikan keadaan. Kita di rangkul dengna penuh peduli dan semangat mereka untuk buat semua menjadi indah. 
Waktu sangat berperan saat itu. Aku dan salah satu temanku di ajak oleh mereka masuk keadalam kondisi yang belum pernah kami fikirkan, Apalagi aku. Aku yang dulunya anak manja yang selalu di ada dan jarang mengurusi sekitar di paksa terjun memenuhi peran sebagai seorang pembangkit masyarkat yang sesungguhnya. 
Pendekatan pertama dengan adik-adik disana. Cara pengajaran hampir seperti bimbel atau les pada umumnya, akan tetapi cara mengajak untuk belajar dan mengetahui sekitar yang menjadi plusnya.pendekatan dengan adik-adik tidak lah mudah, kita harus ekstra sabar dan mempunyai banyak akal untuk mengajak mereka ( bukan ngles ya atau bohong ini demi kehidupan bersama hehehehe...). Mungkin pernah dengnar watak kota dan desa berbeda, itu pun yang terjadi di sini. Adik-adik ini bukan tinggal di desa, namun di kota malah tengah kota akan tetapi lingkungan mereka sangatlah berbeda dengan kita para mahasiswa. (tapi, mungkin kecil kita sama... Pisss... ) Lingkungan mereka bisa dibilang cukup keras, mereka jarang mendengarkan lagu anak-anak malah lagu orang dewasa yang seharusnya belum saatnya mereka dengar, atau ucapan-ucapan yang sepatasnya tidak mereka ucapkan, itu adalah salah satu kendala yang harus kita bisa perbaiki.
Oke, pendek cerita sudah banyak adik-adik yang dekat dengan ku dan kawan-kawan yang ku bawa dari kampus, mereka yang menpunyai hati untuk serius merubah dan mencari pengalaman dalam hidup mereka sendiri. 
11 bulan telah terlewati begitu cepat. Telah banyak kita lalui bersama dengan adik-adik. Banyak cerita yang terus ditulis dalam pena kehidupan ku, pelajaran menajdi seorang orang tua yang baik dan menjadi sahabat yang baik itu sangat susah. Akan, tapi semangat masa muda ini terus bergejolak dan ingin tahu apalagi banyak penyemangat yang selalu mendudukung hingga akhir.
Mungkin pada ingin tahu even apa saja yang kami lakukan selama sebelas bulan atau satu tahun ajaran. Ini beberapa foto yang aku punyak. Dari, MINGGU CERIA, KAMIS CERIA, PERIGNATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL, PEMBELAJARAN DAN LAIN-LAIN.














   
Foto-foto itu adalah sebagian kecil dari kenangan selam satu tahun dengan kalian. Aku berharap esok di kita akan bertemu dngna lebih banyak lagi pengajar dan lebih banyak lagi adik-adik. Ini adalah tulisan rasa kangen akan sebuah keluarga yang berbeda, ras kangen akan sebuah proses yang indah. Terimaksih atas setahun di sini adik ku sayang dan kakak yang ku banggakan. Akan ada tulisan-tulisan ku selanjutnya di tunggu saja tentang Code atau kehidupan Sekolah Pinggir Kali Code kawan. 
See You Next Year my life teacher’s. I’m miss you so much my heaven…
AFD


Nah, itu adalah tulisan Af tentang sekolah pinggir sungai yang mengajarkan af tentang kasih sayang. Tunggu tulisan af berikutnya…. 

No comments:

Post a Comment